Aplikasi Mobile adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Handphone. Dengan menggunakan aplikasi mobile, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari hiburan, berjualan, belajar, mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan lain sebagainya. Pemanfaatan aplikasi mobile untuk hiburan paling banyak digemari oleh hampir 70% pengguna telepon seluler, karena dengan memanfaatkan adanya fitur game, music player, sampai video player membuat kita menjadi semakin mudah menikmati hiburan kapan saja dan dimanapun.
J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.
Karateristik dari perangkat mobile, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pengembangan program untuk perangkat ini. Kita akan diperkenalkan kepada Java 2 Mobile Edition (J2ME), termasuk pentingnya configuration dan profilenya.
Pada akhir bab ini, pelajar diharapkan dapat menguasai :
- Mengidentifikasi karakteristik dari perangkat mobile
- Menjelaskan arsitektur J2ME
- Mengetahui peran atau aturan configuration dan profile
- Mengidentifikasi API yang disediakan oleh MIDP
- Menjelaskan daur hidup MIDlet
The Mobile Information Device Profile (MIDP) berada di atas dari The Connected Limited Device Configuration (CLDC). Anda tidak bisa menulis aplikasi mobile hanya dengan menggunakan CLDC API. Anda harus tetap memanfaatkan MIDP yang mendefinisikan UI.
Spesifikasi MIDP, kebanyakan seperti CLDC dan API lainnya sudah digambarkan melalui Java Community Process (JCP). JCP melibatkan sebuah kelompok ahli berasal dari lebih dari 50 perusahaan, yang terdiri atas pabrik perangkat mobile, pengembang software. MIDP terus berkembang, dengan versi-versi masa depan yang telah lulus dari proses ketat JCP. Suatu aplikasi MIDP disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (dan memang harus tidak mempunyai) sebuah method public static void main(String[] argv).Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh AMS sebagai titik awal sebuah program.
Mobile Platformi:
- Izin = Java ME, BREW, Windows mobile, LiMo
- Hak milik = Palm, Blackberry, iPhone
- Open source = Android
Interaksi Mobile
Double tap – touch and hold – drag – flick – pinch open -pinch close
Tipe Mobile Aplikasi

Masalah Aplikasi Mobile
- KonteksWHO?Apa yang Anda ketahui tentang mereka? Apa jenis perilaku yang dapat Anda menganggap atau memprediksi tentang pengguna?WHAT?Apa keadaan dimana pengguna akan terbaik menyerap konten Anda berniat untuk hadir?WHEN?Lama waktu luang? Waktu sibuk? Waktu idle?WHERE ?Publik atau swasta? Di dalam atau di luar? Siang atau malam?WHY?Apa nilai yang akan mereka peroleh dari konten atau layanan dalam situasi mereka saat ini?HOW?Di tangan atau di saku? Terbuka atau tertutup? Portrait atau landscape?
- Layout = Jika layar berbeda maka resolusi dari layout juga berubah
Pembagian mobile application berdasarkan platform :
- LOW END PLATFORM : contohnya SMS, USSD, Javacard, dan SIMKarakter :# Form Factor (Aturan) : layar masih black white, hanya berupa text saja.# Web Browser : Tidak ada# Native 3rd Party Application : Tidak ada# Kapabilitas : Masih berupa fungsi-fungsi dasar. Seperti : SMS, telpon# Contoh Alat : SIM dan RUIM
- MID LEVEL PLATFORM : contohnya Java MEKarakter :# Form Factor : layar lebih besar# Web Browser : WAP Browser# Native 3rd Party Application : J2ME# Kapabilitas : mid way. Lebih banyak dan lebih berkembang dari low platform# Contoh Alat : N6136, SET610
- SMARTPHONE PLATFORM : contohnya iOS (keluaran Apple), Android, Symbian, BB, etc.Karakter :# Form Factor : bisa handle touch, qwerty keyboard, atau keduanya. Memori yang dimiliki besar.# Web Browser : Operamini# Native 3rd Party Application : full SDK (Software Development Kit). Digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android dengan bahasa pemrograman Java.# Kapabilitas : advanced, bisa menghandle multi program
Contoh mobile application berdasarkan fungsi :
- Location Based Service (membantu dalam pelayanan lokasi) : contohnya, Foursquare.
- Mobile Payment (membantu dalam pembayaran) : contohnya, near field communication.
- Mobile Instant Messaging (membantu dalam pengiriman pesan secara praktis) : contohnya, Blackberry Messanger (BBM)
- Mobile Email : contohnya, commerce payment.
- Mobile Video : mobile live video streaming pada Android.
Manfaat :
- Dalam hal transportasi. Penunjuk arah lokasi suatu tempat.
- Saat gawat (emergency). Efektif dan efisien bagi pengguna dalam keadaan apapun.
- Membantu pekerjaan Salesman Travelling. contohnya : tour guide, agen perjalanan.
- Web Access. Memungkinkan dalam pengaksesan web kapanpun dan dimanapun.
- Location Aware Services. Memberikan layanan dan informasi kepada user yang sering berubah posisi, menyesuaikan dengan posisi user.
As stated by Stanford Medical, It is in fact the ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh an average of 19 KG less than we do.
BalasHapus(And actually, it is not related to genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING around "HOW" they eat.)
P.S, I said "HOW", not "WHAT"...
TAP on this link to discover if this little quiz can help you find out your real weight loss potential