Jumat, 23 Mei 2014

BAB 10 : MULTIMEDIA DESIGN PRINCIPLES

MULTIMEDIA DESIGN PRINCIPLES

  • Information Design
  • Navigation Design
  • Interface Design

Arsitektur Informasi :

  • Linear / Sequential : menceritakan 
  • Hierarchial : Informasi Terorganisasi
  • Network/Web : exploring

Isu Struktural : Depth/Kedalaman, Breadth/Meluas


Navigasi

  • Pertanyaan kunci : di mana saya, dari mana saja, ke mana bisa pergi
  • Teknik Navigasi : Browsing, Searching, Site Maps, Indexes
  • Menyediakan indikator - you are here (Cascading menus, Thumbnail maps, Color coding)
  • Menyediakan fasilitas Search (sitemaps)

Atribut Usability

  • Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
  • Kendali dan kebebasan (undo n redo)
  • Konsistensi dan standarisasi : quit atau exit
  • Pencegahan kesalahan
  • Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan
  • Estetika dan perancangan minimalis
  • Bantu user menegnali dan memperbaiki kesalahan

Isu Desain Interface :

  • Hyperlinks, Ions, and Buttons
  • Gunakan warna umum u/mengindikasikan status hyperlinks(sellected, rollover, clicked)
  • Gunakan Icon yang standard, jgn yang baru
  • Bgmn kalo button dipilih : higlight atau berubah bentuk
  • Penempatan 
    Jangan gunakan centered text, allignment harus seragam di seluruh halaman web.
  • TeksTampilkan informasi kunci lebih dulu, sans sherif lebih mudah dibaca, maksimal 2 typeface, perhatikan hierarki informasi, gunakan bullet2
  • WarnaWarna hangat dan cerah terlihat lebih besar daripada warna dingin dan gelap. Jangan gunakan warna kuat dan warna primer sebagai background.
  • Ukuran dan resolusi layar

Poin2 perancangan Interface : Tentukan area kendali dan area utama, gambar background jgn ramai, pilih button yang tepat, perlihatkan kepentingan informasi secara visual, KISS

Metafora : Aplikasi yang kompleks akan mudah dimengerti jika user interfacenya memakai sesuatu yang sudah umum, juga membuat user mengingat aturan aplikasi sesedikit mungkin.

Isu-isu Metafora :
  • Digunakan u/ menggambarkan aplikasi, bukan button
  • Bisa ada bbrp dlm 1 aplikasi tp tidak selalu harus ada
  • Gunakan metafora yang banyak dikenal
  • Metafora berbeda2 pada berbagai kebudayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar