Sabtu, 01 Maret 2014

BAB 1 : Interactive Multimedia

Interactive Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia juga sering digunakan dalam dunia hiburan, seperti pembuatan film ataupun game.

Elemen Multimedia

Komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:
  1. Teks
    Teks merupakan komponen multimedia yang paling mudah disimpan, mudah dimanipulasi, dan menggunakan ruang penyimpanan yang kecil. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
  2. Image
    Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
  3. Animasi
    Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi. Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes (1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi mencakup semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering.
  4. Audio
    Audio adalah 
    segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
  5. Video
    Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.

Kapan Saja Multimedia Digunakan?

  1. Multimedia Dalam Pendidikan
    Para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih kapan sejarah itu terjadi dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan video dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya yang lebih menarik di banding dengan membaca buku.
  2. Multimedia di Tempat Umum
    Bisa di tempatkan di Hotel, Stasiun, Museum dan tempat tujuan wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Pemasangan alat seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi secara manual serta para pekerja. Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam, dimana para pekerja tidak ada disaat itu.
  3. Multimedia di Rumah
    Kebanyakan dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang dihubungkan dengan alat sejenis CD player.
  4. Multimedia Dalam Bisnis
    Pengimplementasian multimedia dalam lingkup bisnis mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo produk,dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video Conference adalah satu contoh multimedia dalam bisnis, yang sekarang sedang booming sekali,ketika berbeda tempat tetapi sama waktu maka bisa menggunakan Video Conference.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar