TEKS dan HIPERTEKS
APAKAH TEKS ITU ?
- Media dasar untuk banyak sistem multimedia
- Teks dalam bentuk kata, kalimat dan paragraf digunakan untuk mengkomunikasikan pikiran, ide dan fakta di dalam hampir semua aspek kehidupan. Huruf -> Kata -> Kalimat -> Paragraf -> Bab -> Skripsi
- Produk multimedia bergantung pada teks untuk:
- Menjelaskan bagaimana aplikasi bekerja
- Memandu pengguna saat menggunakan aplikasi
- Menginformasikan bagaimana aplikasi didesain
TEKNOLOGI TEKS
- Dasar dari teks adalah karakter: Alfabet, angka dan karakter khusus
- Kategori elemen teks:
- Alphabet : A -Z
- Numbers : 0 -9
- Special characters :
- Punctuation [. , : ; „ “ …]
- Sign or Symbols [* & ^ ? ! / \~ @ -_ ]
- Termasuk juga ikon khusus, matematik simbol, tulisan Yunani.
TYPEFACES, FONTS and POINTS
- Typefaces (Tipografi)
- Elemen dari komputer grafik yang menyertakan karakter dengan banyak jenis dan ukuran.
- Fonts (huruf) dan Point
- Ukuran tertentu dari typefaces
- Ukuran diukur dalam satuan points = 1/72” or 0.0138 inc”
- Jarak pengukuran dari bagian font paling atas sampai bagian font paling bawah
EFEK DARI FONT
Sejumlah efek yang berguna untuk memberikan perhatian / fokus pembacaan bagi pengguna pada suatu konten multimedia :- UPPER CASE and lower letter
- Bold, Italic, Underline.
- superscript, subscript. (tidak bisa dicontohkan di postingan ini)
- Embossed or Shadow. (tidak bisa dicontohkan di postingan ini)
- Colours
- 4L4y cH4r4c73r
JENIS FONT
- Dua kelas utama font: Serif dan Sans Serif
- Serif fonts terdapat dekorasi pada bagian ujung dari setiap font.
- Sans Serif fonts tidak mempunyai fitur ini
- Serif fonts biasanya digunakan dalam dokumen yang dicetak atau keperluan informasi dalam bentuk hardcopy
- Sans Serif fonts banyak digunakan untuk tampilan dalam layar monitor karena memberikan kontras yang baik.
Jenis font dalam komputer:
- PostScript -> Penggambaran font dengan metode konstruksi matematis
- Adobe Type Manager -> Dikembangkan oleh Adobe
- True Type Font -> Microsoft
- True Type Convertion
- Open Type Font
JAGGIES dan ANTIALIASING
- Jaggies adalah bagian sisi/ tepi yang kasar ketika gambar bitmap diperbesar sampai ukurannya maksimum
- Merupakan konsekuensi dari iksel pembentuk gambar bitmap
- Antialiasing adalah:
- Teknik yang digunakan untuk mengurangi/ menghilangkan jaggies
- Merupakan penambahan piksel dengan warna yang lebih muda dari warna font utama dan bercampur dengan warna latar
- Dapat memanipulasi mata ketika melihat, seolah-olah merupakan garis yang halus / lurus.
FILE DATA TEKS
Encoding yang digunakanuntukmenampilkanteksdidalamkomputeradalah:
- Plain text (ASCII, Unicode) Adalah teks dengan format elektronik yang dapat dibaca dan di interpretasikan secara langsung oleh manusia
- Rich text Yaitu hampir sama dengan plain teks tetapi memerlukan pengaturan karakter khusus yang terintegrasi untuk menyediakan tambahan fitur
- Hypertext Adalah pengembangan dari rich text yang mengijinkan pengguna untuk menuju bagian lain dari sebuah dokumen (link)
HIPERTEKS dan HIPERMEDIA
- Hiperteks
- Dokumen berdasarkan teks dengan penambahan data statik seperti gambar dan tabel
- Terdiri dari rangkaian node, dan dihubungkan melalui link yang dapat dikunjungi oleh pengguna
- Hipermedia
- Tipe data multimedia yang tersimpan dalam struktur jaringan hiperteks
- Setiap node merupakan sebuah presentasi dan pengguna dapat berpindah dan bernavigasi
Bagaimana Teks dapat digunakan secara Efektif ?
- Mengkomunikasikan Data
- Menjelaskan Konsep dan Ide
- Memperjelas Media yang lain
Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Teks
- Kelebihan
- Relatif murah
- Menggambarkan ide lebih efektif
- Menjelaskan media yang lain
- Kerahasiaan terjaga
- Mudah diubah atau diganti
- Kelemahan
- Kurang diingat dibandingan media visual
- Memerlukan perhatian yang lebih
- Dapat terjadi ambiguitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar