Senin, 31 Maret 2014

Tentang Facebook

SEJARAH FACEBOOK

Facebook merupakan salah satu dari beberapa media sosial yang beredar di dunia. Facebook pertama kali diluncurkan pada Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook Inc. Pada September 2012 Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Awal mulai berdirinya Facebook yaitu berkat ide cemerlang dari seorang mahasiswa harvard yang bernama Mark Zuckerberg.

Mark Zuckerberg ialah sosok muda yang berprestasi dimana sudah terlihat ketika ia duduk di bangku kelas 6 SD. Pada saat itu ia sudah mulai mengenal bahasa pemrograman komputer. Buku pertama yang digunakan sebagai panduan dalam memprogram ialah “c++ for dummies”.

Facemash adalah awal mula dari berdirinya facebook. Facemash sendiri didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 28 Oktober 2003 dimana ketika itu dia masih berada di Harvard. Menurut Harvard Crimson situs yang dibuat olehnya mirip dengan situs Hot or Not karena menggunakan foto yg diperoleh dari Facebook di sembilan asrama.
Perjuangan Mark Zuckerberg dalam menciptakan facebook tidaklah mudah sebab pada awalanya ia harus meretas jaringan Harvard untuk mengambil data – data mengenai foto dan infomormasi dasar dari mahasiswa. Pada saat itu Facemash sendiri berhasil menarik 450 pengunjung 22.000 tampilan foto saat 4 jam pertama online.

Usaha Mark Zuckerberg nampaknya sudah hampir punah ketika ia mulai meneruskan situs buatannya ke beberapa server di kampus sebab pihak administrasi Harvard mematikannya dalam beberapa hari. Hal ini dikarenakan Mark sudah melanggar hak cipta, melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan dari kampus. Namun , hukuman yang di berikan kepada Mark dibatalkan. Markpun mulai memperluar proyeknya dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian akhir.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Setelah 6 hari diluncurkannya situs tersebut. Mark mulai dituntut sebab 3 seniornya melaporkan kepada pihak Harvard Crimson bahwa mark sudah meniru ide mereka. 3 Senior markpun membuat sebuah situs jejaring sosial juga yang memang mirip dengan TheFacebook yaitu HarvardConnection.com . Namun akhirnya ujian tersebut dapat diselesaikannya.

Masalah keanggotaan dari thefacebook pada awalnya di batasi saja yaitu yang hanya dapat mendaftarkan adalah mahasiswa Harvard College saja. Pada bulan pertama setelah peluncuran lebih dari 50% dari mahasiswa sarjana Harvard sudah terdaftar disitus ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini.

Pada Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook mulai menjadi sebuah perusahaan pada musim panas 2004 dimana pada saat itu juga atas dasar saran dari pengusaha Sean Parker , Mark Zuckerberg diangkat menjadi presiden di perusahaan tersebut. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Microsoft telah membeli 1.6% saham dari Facebook atau senilai dengan $240 Juta pada 24 Oktober 2007, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 Milyar. Pembelian yang dilakukan oleh Microsoft terhadap facebook adalah iklan internasional. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Facebook sempat mengalahkan visitor google pada 13 Maret 2010. Pada bulan Maret 2011 Facebook melakukan razia terhadap akun – akun yang mendaftar di dalamnya. Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.

Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.

Pada Maret 2012 Facebook mengelurakan App Center dimana toko yang bergerak menjual aplikasi yang berhubungan dengan facebook, Toko ini tersedia untuk iphone, dan Android namun belum untuk Blackberry. Pada bulan April, Facebook membeliki aplikasi ternama yaitu Instragram dengan nilai $1 Miliar di tahun 2003. 

Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.

KONSEP FACEBOOK


Facebook awalnya digunakan untuk menghubungkan menghubungkan komunikasi antar mahasiswa di Hardvard namun pada akhirnya dapat digunakan oleh semua orang. Di lain sisi Facebook sendiri awalnya hanya berupa situs media yang dibuat oleh Mark Zeckberg untuk mengupload berbagai foto dan data yang menjadikan informasi bagi mahasiswa setempat.

Facebook juga membuat orang mudah mengedit data diri pribadinya masing – masing sebab facebook menyediakan fasilitas – fasilitas yaitu user dapat mengubah profile piture, mengubah alamat, mengupload video, foto , dan melakukan chatting antarsesama pengguna bahkan saat sekarang facebook memiliki aplikasi – aplikasi permainan yang banyak digeluti oleh orang orang 

Namun seiring dengan pertambahan tahun facebook kini berubah menjadi ladang perdanganan. Setiap orang bebas membuat lapak dagang di facebook hanya saja harus mematuhi TOS (Term Of Service) dari Facebook itu sendiri. Bagi yang melanggar maka akan dikenakan sanksi bahkan akun dari si pembuat akan dihapus.

DAMPAK POSITIF & NEGATIF


DAMPAK POSITIF

  • Mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jika berbeda jarak ataupun waktu 
  • Mempermudah orang untuk menemukan teman lamanya 
  • Kita dapat bertukar informasi antar sesama pengguna dengan mudah 
  • Tempat untuk melakukan iklan jualan kita
  • Memberitahu kepada orang tentang ide yang ada di dalam diri kita
  • Mengabadikan foto – foto kenangan kita
  • Dapat mengintropeksi diri ketika jika kita membuat status yang tidak – tidak maka orang lain berhak untuk komen lalu kita bisa menganggap bahwa itu adalah hal positif

DAMPAK NEGATIF

  • Membuat kita lupa akan waktu sebab keasikan online
  • Membuat kita lupa juga akan bersosialisasi dengan dunia nyata sebab keasikan ngobrol di dunia maya
  • Orang terkadang lupa seharusnya data yang sifatnya penting jangan di share di facebook
  • Terkadang dengan adanya facebook dapat membuat hubungan seseorang menjadi kacau
  • Terjadinya kasus penipuan

DAMPAK POLITIK


Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat muncul pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New Hampshire, ketika Facebook bersama ABC dan Saint Anselm College bekerjasama untuk mengizinkan pengguna memberi umpan balik langsung mengenai debat antara Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari.Charles Gibson menjadi moderator debat yang diadakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm College. Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang diatur berdasarkan topik tertentu, mendaftar untuk memilih, dan mengirim pertanyaan.

Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US politics' di Facebook agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur respon pengguna terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat debat.Debat ini menunjukkan kepada komunitas masyarakat tentang apa yang telah dialami remaja saat ini: Facebook adalah cara baru yang sangat populer dan kuat untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Artikel yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana "efek Facebook" telah memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu 2008.

Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook bernama "One Million Voices Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri ratusan ribu penduduk Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol).Bulan Agustus 2010, salah satu situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.

Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris yang memimpin staf untuk meneliti sifilis, mempertautkan dan menyalahkan kenaikan kasus sipilis di sejumlah wilayah Britania kepada Facebook. Laporan penelitian ini dikecam oleh Facebook karena "mengabaikan perbedaan antara korelasi dan kausalitas."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar