Minggu, 02 Maret 2014

Apasih Ebanking itu?

Ilustrasi internet banking

Pengertian internet banking


Internet banking digunakan secara luas oleh massa, dan memiliki berbagai manfaat yang ditawarkan. Saat ini, semua bank menyediakan fasilitas online banking untuk pelanggan mereka sebagai keuntungan tambahan.

Lewatlah sudah hari-hari, ketika salah satu harus bertransaksi dengan bank yang hanya dalam batas setempat. Online banking telah membuka pintu bagi semua pelanggan, untuk beroperasi di luar batas. Saat ini, orang begitu sibuk dalam kehidupan kerja mereka, bahwa mereka bahkan tidak punya waktu untuk pergi ke bank untuk melakukan transaksi perbankan.

Internet banking memungkinkan orang untuk melakukan sebagian besar transaksi perbankan mereka dengan menggunakan situs yang aman, yang dioperasikan oleh bank masing-masing. Ini menyediakan banyak fitur dan fungsi kepada pelanggan mereka, dan memungkinkan mereka untuk melihat saldo rekening mereka, mentransfer uang dari rekening mereka ke rekening yang lain (baik itu di bank masing-masing atau bank lain), melihat ringkasan account mereka, dll

Pengertian internet banking dalam prosedur ini, adalah transaksi keuangan yang dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan komputer dengan koneksi internet. Hal yang diperlukan bahwa seseorang perlu untuk menggunakan perbankan online, rekening bank yang aktif dengan saldo di dalamnya untuk transaksi, debit atau nomor kartu kredit, user ID pelanggan, nomor rekening bank, perbankan nomor PIN Internet, dan PC dengan akses ke web.

Orang yang menggunakan internet banking tentu diuntungkan oleh layanan online bank masing-masing di sediakan dari bank terkait. Alasan utama mengapa internet banking begitu terkenal dan banyak digunakan adalah bahwa, pelanggan diperbolehkan untuk “masuk ke bank” pada jam non-kerja.


Inilah keasyikan dari munculnya internet yang telah membuka berbagai jalan dan informasi kepada orang-orang biasa, yang ia dapat mengakses dari pengaturan rumah yang nyaman. Seiring dengan fasilitas seperti belanja, pemesanan tiket, dll, internet juga telah menjadi modus untuk perbankan.

Perbankan online diperkenalkan pada awal 80-an dan dari waktu yang telah diperkenalkan, banyak orang sudah mulai availing fasilitas. Sekarang, kita tidak harus menunggu dalam antrean panjang di bank atau di beberapa pusat perbelanjaan atau butik.

Perbankan Online memberikan fasilitas seseorang untuk melihat laporan rekening, melakukan transfer uang dari satu rekening ke yang lain, dan juga untuk membayar tagihan seperti listrik, telepon, dll Hal terbaik tentang perbankan online adalah bahwa hal itu cepat dan tersedia untuk orang di bagian manapun di dunia, kapan saja dia membutuhkannya.


Jenis layanan

Perbankan Daring

Perbakan daring (online banking) pada dasarnya merupakan gabungan dua istilah dasar yaitu daring (online) dan perbankan (banking). Saat ini internet telah menghubungkan lebih dari 100.000 jaringan komputer di dunia dengan pengguna lebih dari 100 juta orang. Dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank.

Jenis transaksi :

  • Transfer dana,
  • Informasi saldo
  • Mutasi rekening
  • Informasi nilai tukar
  • Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, rekening telepon, rekening listrik, asuransi)
  • Pembelian (misal: pulsa ponsel, tiket pesawat, saham)

Perbankan bergerak

Perbankan bergerak (mobile banking) adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon seluler GSM dengan menggunakan SMS.

Jenis transaksi:
  • Transfer dana
  • Informasi saldo
  • Mutasi rekening
  • Informasi nilai tukar
  • Pembayaran (kartu kredit, rekening listrik, rekening telepon, asuransi)
  • Pembelian (pulsa isi ulang, saham).

Internet Banking Di Indonesia


Di Indonesia sendiri, pemanfaatan transaksi internet banking belum sebanyak transaksi yang menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Meski kedua jenis layanan tersebut memiliki fungsi sama, yakni menggantikan peran manusia dengan mesin sebagai pelayan nasabah.

Transaksi internet banking di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 2000, bersama dengan pengenalan mobile banking yang menggunakan piranti handphone. Namun perkembangan internet banking kurang begitu pesat, salah satunya disebabkan masih rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat akan keamanan menggunakan internet banking.


Semua Demi Kemudahan


Bank menciptakan perbankan kapan saja kepada pelanggannya dengan antarmuka dan situs dengan cara yang dapat dilihat dan user-friendly, yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan mereka dengan mudah. Jika mereka terjebak dalam proses setiap saat melakukan transaksi online mereka, bank memiliki fasilitas lain yang membantu 'phone banking', dimana pelanggan dapat menghubungi nomor bebas pulsa bank dan mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan transaksi mereka.

Tagihan pembayaran elektronik, melihat dan men-download catatan keuangan, dan transfer uang adalah beberapa transaksi umum yang pelanggan umumnya melaksanakan. Semua layanan perbankan online, yang disediakan oleh beberapa bank, bebas biaya.

Ketika pelanggan menyimak website bank, ada banyak pilihan yang tersedia, tetapi untuk menjalankan transaksi tersebut, dia secara wajib akan perlu untuk login ke account virtual nya. Tanpa login, ia tidak akan diizinkan untuk melakukan apapun transaksi.

Awalnya, ketika ia membuka rekening dengan bank, bank memberikan kit selamat datang yang berisi dokumen penting yang mencakup buku cek, dokumen di mana pengguna ID pelanggan, password online banking, password phone banking, dan nomor rekening tertanam. Kit ini juga berisi beberapa data rahasia lainnya, kartu kredit atau debit, dan kartu rincian.

Situs juga akan meminta pengguna untuk memasukkan rincian yang diperlukan seperti password internet banking dan nomor rekening, dan kemudian akan menampilkan informasi account-nya. Pada tahap ini, ia dapat melakukan semua fungsi yang tersedia di website.


Apakah Aman?


Berkaitan dengan otentikasi password dan enkripsi, keamanan yang tinggi dipertahankan, karena ada kemungkinan hacker mendapatkan akses tidak sah ke rekening nasabah dan melakukan malpraktek. Namun, bank-bank menjaga sistem keamanan online mereka up-to-date untuk mencegah skenario tersebut.

Selain itu, bank juga menyarankan pelanggan mereka untuk terus mengubah password secara berkala. Mereka juga menerapkan beberapa langkah-langkah keamanan seperti menggunakan ID login unik, kode transaksi, menggunakan dua password, keamanan token yang menghasilkan password secara otomatis berubah, dll

Fasilitas internet banking yang disediakan oleh bank berbeda dari bank ke bank, dan negara ke negara. Untuk mengetahui semua layanan perbankan online dan proses, kita harus benar-benar mengacu pada panduan yang dibuat tersedia dalam kit selamat datang. Selain itu, perawatan yang tepat harus diambil mengenai dokumen rahasia seperti, Internet penipuan perbankan berada pada peningkatan.

Dalam dunia yang sibuk saat ini, ketika orang tidak punya banyak waktu bahkan untuk pekerjaan pribadi, perbankan online muncul sebagai suatu anugerah. Orang yang menggunakan layanan perbankan online percaya bahwa sebagai account mereka dapat diakses oleh user name dan password yang hanya mereka tahu, uang mereka di tangan yang aman. Apapun informasi yang mereka butuhkan tentang rekening bank mereka hanya dengan sekali klik. Namun, seperti semua hal yang baik, bahkan perbankan online memiliki negativeness tertentu.


Tips Aman

Untuk itu ada beberapa tips aman menggunakan internet banking. Di antaranya :
  • Simpan password atau pin dari account internet banking Anda. Jangan sampai password ini diketahui oleh siapapun. Akan lebih baik, secara berkala lakukan pergantian password atau PIN ini. Jangan gunakan data pribadi sebagai password, seperti tanggal lahir atau nama Anda.
  • Jangan menggunakan transaksi internet banking di komputer publik, seperti warung internet. Gunakan selalu komputer pribadi Anda.
  • Pastikan alamat internet banking yang Anda ketik, adalah sesuai dengan alamat internet banking dari bank Anda. jangan sampai terjadi salah tulis, karena bisa berakibat fatal pada kerahasiaan data rekening Anda.
  • Pastikan Anda sudah melakukan log out setelah selesai menggunakan fasilitas internet banking. Jangan tutup layar Anda, ketika belum melakukan log out dari akun internet banking Anda.

Kerugian dari E-banking


Alasan yang tidak banyak orang sudah mulai menggunakan e-banking adalah karena mereka tidak mempercayai jasa bank melalui internet. Beberapa manusia memilih untuk mempercayai orang lain seperti mereka dan mungkin memiliki beberapa kesulitan dalam mempercayai mesin, terutama dalam hal uang. Mereka selalu memiliki keraguan tentang apakah uang mereka aman, ketika diproses melalui e-banking?

Selain itu, beberapa kasus pemalsuan telah dilaporkan dalam perbankan online. Ada beberapa penipuan atau situs proxy, yang bisa hack informasi nya (user name dan password) oleh seseorang untuk transaksi tertentu, dan kemudian disalahgunakan. Dalam kasus tersebut, orang bisa kehilangan uang mereka tanpa mengetahui gimana tuh caranya dan pada saat, mereka mendapatkan tagihan, kerugian besar dan memusingkan mungkin telah terjadi.

Sekali lagi Pengertian internet banking adalah pemanfaatan tekhnologi internet, sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet, sebagai perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank. Selain itu, bentuk trasaksi yang dilakukan pun bersifat maya, atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan.

Namun, di sarankan suatu kehati hatian, walau prosesnya maya, tapi uangnya nyata, dan Anda tidak ingin rugi toh.
sumber
sumber
sumber img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar