Kamis, 06 Maret 2014

Review : Iron Man


DATA FILM

Judul Film: Iron Man
Genre: Action
Sutradara: Jon Favreau
Produser: Kevin Feige & Avi Arad
Studio: Marvel Studio
Produksi: Paramount Picture
Bahasa: Inggris

PEMERAN UTAMA

  • Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark / Iron Man
  • Terrence Howard sebagai Lt. Colonel James "Rhodey" Rhodes
  • Gwyneth Paltrow  sebagai Virginia "Pepper" Potts
  • Jeff Bridges sebagai Obadiah Stone / Iron Monger
  • Shaun Toub sebagai Yinsen
  • Leslie Bibb sebagai Christine Everhart
  • Jon Favreau sebagai Happy Hogan
  • Samuel L. Jackson sebagai Nick Fury
  • Gerard Sanders sebagai Howard Stark

SINOPSIS

Iron Man berkisah tentang seorang pahlawan fantasy Amerika. Kisah di mulai dengan perjalanan Tony Stark ke gurun Afghanistan bersama para petinggi tentara AS termasuk sahabat dan Letkol James Rhodes untuk mendemosntrasikan peluru kendali terbaru ciptaanya yang di beri nama Jericho. Demonstrasi itu berjalan berjalan lancar. Sayangnya saat dalam perjalanan pulang, Tony yang menolak satu kendaraan dengan Rhodes di serang oleh para teroris. Tony terluka parah di dada terkena ledakan peluru buatan Stark Industri, pabrik senjata miliknya.
Tony menderita cendera parah. Serpihan peluruh kendali yang mengenai dadanya dan perlahan namun pasti akan segera menghujam ke jantung dan hatinya. Dr Yinsen, rekan sesama sandera membantu Tony agar tetap hidup dengan menanamkan cincin elektromagnetik di dadanya yang mendapat suplay tenaga dari sebuah aki. Dengan adanya gaya elektrok magnet tersebut, serpihan peluru kendali itu akan tertahan. Tapi kemana-mana, tony harus menenteng aki yang cukup besar tersebut.
Para teroris memaksa tony untuk membuatkan rudal Jericho. Untuk apapun yang di minta Tony akan di sediakan. Kesempatan itu di gunakan oleh Tony untuk membuat sebuah rekator kecil sebagai sumber tenaga cincin elektronmagnetik di dadanya. Dan dengan bantuan Dr Yinsen, mereka membuat baju besi yang akan di gunakan untuk melarikan diri. Sayang dalam rencana pelarian itu Dr Yinsen terbunuh. Dan Tony yang berhasil lolos berkan baju besinya kembali ke Amerika.

REVIEW

Playboy, bilyuner, terjebak di Afghanistan dan menjadi tawanan. Tony Stark (Robert Downey Jr.), pemilik dari Stark Industries, pembuat senjata tersukses di dunia harus mengalami masa yang buruk saat harus diculik organisasi bernama The Ten Rings untuk membuat misil Jericho, senjata Stark Industries tercanggih yang pernah ada. Di dalam gua di mana ia diculik, Stark mendapati dirinya telah dipasangi sebuah alat yang akan membantu menjauhkan puing-puing bekas ledakan dari pembuluh darahnya. Di sana, ia bertemu dengan Yinsen (Shaun Toub), seorang ilmuwan yang membantunya membuat misil Jericho. Tetapi Tony mempunyai ide lain, ia membuat sebuah reaktor kecil yang dapat menghasilkan tenaga besar dan menggerakkan sebuah kostum yang akan membawanya keluar dari tempat penculikannya, yang nantinya akan kenal sebagai Mark I.
Setelah berhasil kabur, Tony disambut oleh Kol. Rhodes (Terrence Howard), Pepper Potts (Gwyneth Paltrow), serta Obadiah Stane (Jeff Bridges), rekan ayahnya. Dengan teknologi super canggih dan reaktor buatannya, Tony mengubah dirinya sebagai Iron Man, seorang superhero yang berencana memusnahkan seluruh senjata ciptaannya demi melindungi manusia.
Iron man bisa dibilang mempunyai ‘gebrakan’ baru dalam dunia perfilman superhero, karena Iron Man adalah film pertama yang dibuat seutuhnya oleh Marvel Studios dan mempunyai rencana jangka panjang untuk menyatukan superhero-superheronya dalam The Avengers (2012). Ditambah lagi dengan post credits scene yang menghubungkan antara film produksi Marvel satu dengan yang lainnya.
Cerita dibangun dengan baik oleh Jon Favreau, dimulai dari awal mula terciptanya kostum Iron Man, sampai dengan kisah Iron Man membasmi para penjahat, klimaks yang diberikan sesuai dengan durasi yang cukup panjang, yakni 126 menit, tepat sasaran dan tidak banyak basa-basi.
Robert Downey Jr. juga dapat berperan sebagai seorang playboy yang haus akan wanita, genit, dan flamboyan, apalagi ditambah dengan wajah yang mendukung (haha). Aktor-aktris lainnya tidak begitu menonjol, dan cenderung biasa saja dalam mendalami karakternya.
sumber img
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar