Selasa, 04 Maret 2014

Tips Cerdas Mengatasi Stress


Pernahkah kalian stress?
Pasti pernah dong, cuman ada yang stress berkelanjutan dan ada yang stress sesaat.
Maksudnya stess berkelanjutan adalah stress yang mereka tidak tau cara mengatasinya bagaimana.
Mau tau dong gimana sih tips2 cerdasnya mengatasi stress tuh gimana?
ada 7 cara untuk bisa mengurangi stress nih, yuk di baca lebih lanjut.
  1. Diam Sejenak
    Satu kali dalam sehari, luangkan lima sampai sepuluh menit untuk duduk dengan tenang tanpa melakukan apapun. Pusatkan perhatian pada suara-suara di sekitar Anda, rasakan suasana hati Anda, dan regangkan otot-otot leher, bahu, tangan, kaki, dada, dan lainnya.
  2. Tertawalah sepuasnya
    Simpanlah hal-hal kecil yang dapat membuat Anda tertawa. Buku komik favorit atau voice mail lucu dari anak maupun teman Anda, misalnya. Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menonton sitkom kegemaran Anda. Cara ini bisa Anda lakukan berulang kali setiap Anda membutuhkannya.
  3. Putar Musik Favorit
    Musik juga dapat mempengaruhi suasana hati. Putarlah musik-musik ringan seperti musik klasik, country, jazz, atau musik lain kesukaan Anda walaupun musik rock sekalian kalo itu musik favorit bisa saja itu menenangkan suasana pikiran dan bati kalian lohh, saat menghadapi tugas-tugas yang berat. Di tempat kerja, Anda pun bisa mendengarkan musik melalui CD ROM. Jalanan macet ? Santai saja. Daripada marah-marah, lebih baik putar musik lewat radio juga sudah banyak musik yang sesuai dengan suasana kemacetan.
  4. Visualisasi yang Menyenangkan
    Bayangkanlah wajah si dia atau hal yang paling Anda sukai selama 15 detik sampai lima menit. Boleh juga memikirkan rencana liburan yang mengasyikan. Membayangkan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan berpikir positif juga ampuh untuk mengusir stres.
  5. Jalan Jalan
    Bangunlah dari sofa dan tinggalkan sejenak meja kerja Anda. Langkahkan kaki untuk berjalan-jalan selama 10 menit, kerumah teman misalnya, kadang teman juga bisa membuat kita tetawa lohh.
  6. Atur Napas
    Secara perlahan-lahan, bernapaslah dalam-dalam sebanyak enam kali dalam satu menit. Dengan kata lain, ambil napas selama lima detik, lalu lepaskan selama lima detik berikutnya. Lakukan selama lima menit. Biasanya ini ketika sedang stress total pada saat yang sama atur lah napas, ini efeknya hanya sedikit , namun cukup membantu meredakan stress.
  7. Relaks
    Sebelum tidur dan saat bangun keesokan harinya, luangkan waktu lima menit untuk melakukan relaksasi. Mulailah dengan menegangkan jari-jari kaki, lalu lemaskan. Lanjutkan pada otot-otot kaki, betis, paha, dan terus ke atas. Terakhir, lakukan senam wajah untuk melemaskan otot-otot muka. Yang paling mudah senam wajah ya tersenyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar