Rabu, 12 Maret 2014

Review : The Lego Movie (2014)




DATA FILM

Judul Film: The Lego Movie
Genre: Animasi, Petualangan
Sutradara: Phil Lord, Chris Miller
Produser: Dan Lin,Roy Lee
Studio: Village Roadshow Pictures, Lego System A/S, Vertigo Entertainment, Lin Pictures
Produksi: Warner Bros. Pictures
Bahasa: Inggris
Durasi: 101 menit

PEMERAN / PENGISI SUARA

  • Chris Pratt sebagai Emmet, seorang pekerja konstruksi mini.
  • Will Ferrell sebagai Lord Business, seorang pengusaha jahat dan tiran dari Lego Universe yang memiliki bentuk kedua dari President Business.
  • Elizabeth Banks sebagai Wyldstyle, pejuang perempuan tech-savvy yang berhubungan dengan Master Builders.
  • Will Arnett sebagai Batman, superhero DC Comics yang merupakan salah satu Master Builders dan pacar Wyldstyle.
  • Nick Offerman sebagai Metalbeard, bajak laut yang membalas dendam pada Tuhan untuk mengambil bagian Bisnis tubuhnya dan merupakan salah satu teman terbaik Batman.
  • Alison Brie sebagai Uni- Kitty, unicorn/anime anak kucing hybrid yang merupakan salah satu teman terbaik Wyldstyle.
  • Charlie Day sebagai Benny, salah satu teman terbaik Emmet.
  • Liam Neeson sebagai Bad Cop/Good Cop, seorang perwira polisi dengan kepribadian ganda yang merupakan anggota Kepolisian super rahasia.
  • Morgan Freeman sebagai Vitruvius, seorang penyihir tua yang merupakan salah satu Master Builders.
  • Channing Tatum sebagai Superman, seorang superhero DC yang merupakan salah satu Master Builders.
  • Jonah Hill sebagai Green Lantern, seorang superhero DC yang merupakan salah satu Master Builders.
  • Cobie Smulders sebagai Wonder Woman, seorang superhero DC yang merupakan salah satu Master Builders.
  • Will Forte sebagai Abraham Lincoln, salah satu Master Builders.
  • Jorma Taccone sebagai William Shakespeare, salah satu Master Builders.

SINOPSIS




The Lego Movie menceritakan kisah Emmet (disuarakan Chris Pratt) sebuah minifigur Lego yang sangat biasa. Takdir membawanya bertemu dengan seorang gadis bernama Lucy (disuarakan Elizabeth Banks).

Emmet mengaku kepada Lucy bahwa dirinya adalah orang yang memiliki kekuatan spesial. Pengakuan ini membawa Emmet dalam sebuah perkumpulan yang diketuai Vitruvius (disuarakan Morgan Freeman).

Emmet terpilih untuk menyelamatkan dunia dari tiran yang kejam. Bersama Batman (disuarakan Will Arnett) dan beberapa pahlawan super lainnya, Emmet memulai petualangannya.



REVIEW


Dimulai dengan adegan villain jahat yang berusaha merampas relik bernama kragle dari seorang penyihir bernama Vitruvius, dan saat sang villain telah berhasil mencurinya sang penyihir pun memberikan ramalan bahwa akan ada seorang yang menjadi "The Special" dan akan menemukan seusatu yang dapat mencegah dunia dari kehancuran yang disebabkan oleh kragel. 8 setengah tahun kemudian di sebuah kota hiduplah Emmet Brickowoski yang sama seperti warga-warga lego lainnya yang selalu melakukan segala sesuatunya dari buku panduan instruksi yang dibuat oleh Lord Bussiness. Emmet adalah seorang buruh pekerja disebuah konstruksi, kemudian saat pekerjaanya telah selesai tanpa sengaja dia melihat seorang wanita misterius yang berada didaerah terlarang konstruksi. Karena ingin menegur wanita tadi, tanpa sengaja Emmet terjatuh kedalam lubang dan menemukan seusatu yang dapat mencegah dunia dari kehancuran yang bernama "piece of resistance", dan saat Emmet menyentuh piece of resistance tadi dia pun tiba-tiba pingsan.

Saat Emmet bangun ternyata dia sudah berada disebuah ruangan bersama dengan Bad Cop, tangan kanan dari Lord Bussiness yang ternyata adalah sang villain. Karena ketidak tahuan Emmet maka Bad Cop pun terus menginterogasi sekaligus memperlihatkan Emmet, video tentang dirinya yang ternyata sama sekali tidak dikenal oleh siapapun. Karena video itu Emmet pun pasrah dan tidak peduli lagi dengan piece of resistance lagi, tapi tiba-tiba wanita misterius tadi muncul dan menyelamatkan Emmet serta memberitahukannya bahwa dia adalah yang "The Special" karena telah menemukan piece of resistance. Disaat yang bersamaan Lord Bussiness yang telah menyempurnakan senjata yang terbuat dari Krugal telah siap untuk menghancurkan dunia lego.

Film ini pas diawal tidak terlalu menarik sebenarnya tapi begitu memasuki pertengahan film maka ceritanya semakin terasa, bukan itu saja kelucuan mereka pun akan membuat kalian tertawa. Dengan animasi unik patah-patah ala stop motion saat menonton pun menjadi menarik, apalagi ditambah dengan kemunculan tokoh-tokoh dari film terkenal maupun dari dunia nyata, seperti batman, superman, gandalf, O'neal, Abraham Lincoln dan masih banyak lagi. Tetapi bukan itu sebetulnya yang membuat film ini menjadi istimewa, karena puncak keistimewaan film ini ada di 20 menit terakhir yang membuat ceritanya jelas dan penuh akan pesan moral. Tidak lupa film ini juga memberikan pesan kepada kita bahwa imajinasi itu tidak ada batasannya.

Rentetan pujian juga tak lepas dari kinerja jajaran pengisi suara, masing-masing mampu memberikan nyawa ke dalam karakternya. Lihat saja Vitruvius (Morgan Freeman) dan Batman (Will Arnett) yang sukses menghasilkan guyonan dalam porsi besar. Emmet (Chriss Patt) dan Wyldstyle (Elizabeth Banks) yang juga terasa meyakinkan sebagai karakter utama. Turut dimeriahkan juga dengan hadirnya komplotan superhero, Superman (Channing Tatum), Green Lantern (Jonah Hill), Wonder Woman (Cobie Smulders) dan karakter-karakter ikonik seperti Gandalf (Todd Hansen), Han Solo (Keith Ferguson), hingga Abraham Lincoln (Will Forte). Setiap tokoh mempunyai karakter yang unik sehingga meskipun terlihat ramai dan sesak tapi tak saling menutupi karakter yang lain. Overall, The Lego Movie adalah sajian yang cerdas, beranjak dari kisah yang klise kemudian perlahan-lahan menjelma menjadi rajutan cerita yang mampu melekat ke dalam benak penonton hingga berakhir dengan ending yang tak bisa ditebak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar