Selasa, 11 Maret 2014

6 Hal Yang Wajib Di Perhatikan Sebelum Berlari


Hai para blogger, kebanyakan kalian pasti banyak kan yang suka berlari, apalagi berlari lalu di hitung berapa jarak yang ditempuh saat berlari, lalu di share deh ke socmed. ada beberapa hal nih yang perlu di perhatikan ketika kita ingin berlari, dan itu bisa mengurangi resiko cedera dan sangat membantu loh hal hal tersebut.
Sebenarnya persiapan matang sebelum berolahraga penting sekali untuk diperhatikan. Jangan pernah menganggap remeh persiapan yang harus dilakukan ketika Anda ingin berolahraga.

"Persiapan olahraga itu sangat penting. Misalnya mengenai intensitas olahraga. Intensitas olahraga berat, sedang, atau ringan, harus disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan," ujar dr. Ermita I. Ilyas, Ms, AIFO, seorang Dokter Kesehatan dan Ahli Fisiologi Olahraga, dalam acara Pocari Sweat 'Aktivitas Fisik Membuat Tubuh Bugar dan Menarik', yang berlangsung di Gran Melia Hotel, Jl. H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, dan ditulis pada Senin (24/2/2014).

Salah satu olahraga yang sedang populer saat ini adalah lari. Kompetisi lari yang mulai banyak bermunculan telah membuat lari sebagai salah olahraga yang digandrungi oleh banyak orang. Tercatat, setidaknya lebih dari 75 kompetisi lari yang diadakan selama tahun 2013.

Apakah Anda salah satu yang menggandrungi olahraga lari? Yuk, perhatikan hal-hal dibawah ini sebagai bahan persiapan sebelum Anda berlari.

1. Sepatu


Sebelum Anda berlari, pastikan Anda menggunakan sepatu yang tepat atau yang disebut dengan running shoes. Mengapa? Karena jika Anda menggunakan sepatu yang tepat, akan mengurangi risiko cedera.

"Jangan pakai sepatu yang sempit. Sepatu itu salah satu faktor yang berisiko menyebabkan cedera, seperti cedera lutut dan engkel. Bahkan risiko Shin Splin, yaitu sakit pada tulang kering, yang terjadi karena impact yg terlalu kuat pada ground, biasanya terjadi pelari jalanan karena lari diatas aspal. Maka dari itu perlu sepatu yg pas," saran dr. Ermita.

2. Pakaian


Selain sepatu, pakaian juga penting untuk diperhatikan. Gunakanlah pakaian yang menyerap keringat. Jangan sampai Anda menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat, karena hal tersebut dapat membuat Anda merasa 'pengap' sehingga mudah mengakibatkan dehidrasi.

3. Latihan Minum


Biasakan di 2-3 jam sebelum lari, minum sebanyak 500-600 ml air. Sedangkan di 15 menit sebelum lari, minumlah air sebanyak 300 ml.

Untuk atlet dan mereka yang ingin aktif berlari, disarankan berlatih minum air pada 7-10 hari sebelum kompetisi lari. Dengan begitu, ketika sudah terbiasa, tubuh akan tahu pada kondisi apa membutuhkan minum. Jangan sampai tubuh kehilangan cairan terlalu banyak. Karena jika cairan tubuh yang hilang diatas 2%, hal itu akan menggangu sistem tubuh.

4. Tidur


Sebelum berlari, pastikan Anda sudah tidur cukup. Hal ini penting karena aktivitas yang Anda lakukan saat lari cukuplah berat, apalagi jika Anda mengikuti kompetisi lari
"Misalnya, lomba dimulai pukul 06.00, nah lebih baik Anda tidur dari sore. Hal ini supaya Anda bisa bangun pukul 03.00 dinihari untuk mempersiapkan diri berlari," tutur dr. Ermita.

5. Makanan


Pastikan Anda lebih banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, dibanding protein dan lemak. Dan sebaiknya, makanan tersebut dikonsumsi pada 2-3 jam sebelum berlari. Hal ini agar makanan yang Anda makan bisa segera tercerna dan memberikan Anda energi untuk berlari. Karena sejatinya, makanan butuh waktu untuk bisa dicerna oleh tubuh.

6. Kondisi Tubuh


Sebaiknya, cek kondisi tubuh Anda sebelum Anda berlari. Kondisi tubuh akan berpengaruh pada intensitas dan durasi Anda berlari. Jika Anda berlari tanpa mengecek kondisi Anda, hal itu akan berisiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar